Bimtek Kades di Kerinci Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Hang-tuah.com- Untuk ketercapaian target desa mandiri serta mempercepat pengelolaan dana desa sejumlah perangkat desa di Kabupaten Kerinci dilatih. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan dan penggunaan dana desa melalui aplikasi Sistem Keiangan Desa (Siskeudes).

Dalam penggunaan dana desa sebelumnya Kabupaten Kerinco pernah menjadi sorotan publik. Disebabkan perangkat desa mengalami keterlambatan dalam penyaluran dana desa.

Dari pengalaman itu, pada pertengahan Tahun 2020 ini melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kerinci melatih ratusan operator desa.

Dengan adanya pelatihan itu diharapkan target desa mandiri bisa terwujud. “Untuk menanggapi masalah tersebut, pada pertengahan Tahun 2020 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kerinci melakukan pelatihan terhadap Ratusan operator Perangkat Desa. Dengan target percepatan pencairan Dana Desa dan menjadikan Desa yang mandiri,”katanya Syahril Hayadi melalui Kabid Keuangan dan Aset, Kem Devid, Jum’at, (25/9) kepada wartawan.

Dikatakannya lagi bahwa, pada awal tahun dana desa sudah di transfer ke rekening desa masing-masing. Dengan demikian kepala desa bisa melakukan kegiatan di desa untuk mewujudkan ketercapaian ekonomi kerakyatan di desa.

“Kami targetkan Ppada awal Tahun Dana Desa sudah ditransfer ke rekening Desa. Sehingga, para Kepala Desa bisa dengan cepat melakukan kegiatan di Desa untuk membangkitkan kembali ekonomi warga ditengah wabah Covid-19 yang melanda saat ini,”jelasnya.

Pada kegiatan tersebut mengambil langsung sebagai narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi, dengan harapan setelah pelatihan ini Kades dan Operator Siskeudes bisa menerapkan langsung dimasing masing Desa dan mampu secara mandiri menyusun APBDes secara mandiri.

“Meskipun demikian dalam pelaksanan ini kita tetap mengikuti protokol kesehatan dri pemerintah. Menjaga jarak, menggunakan msker, serta mencuci tangan,”ujarnya.

“Ucapan terimakasih kami kepada Fasilitatod Dari BPKP Provinsi Jambi,PMD Kabupaten Kerinci dan APDEsi yang telah mempasilitasi kami operator desa sehingga pelatihan ini sangat bermamfaat dan diselengarakan dengan sukses serta mengikuti protokol kesehatan sekalilagi terimakasih,”tukasnya kata Aswardi salah seorang peserta. (ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TELEPHONE