Jambi Masuk Provinsi Terlama Masa Tunggu Haji di Indonesia

Hang-tuah.com– Kementerian Agama RI ready viewed resmi memutuskan tak mengirim calon jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Hal tersebut sudah dipastikan berdampak pada antrean masa tunggu pemberangkatan calon jemaah haji Indonesia akan semakin lama.

Seperti diketahui, belum tentu masyarakat yang sudah mendaftar bisa langsung menunaikan ibadah haji dalam waktu dekat. Hal itu tak lepas dari kuota yang diberikan Saudi bagi Indonesia masih terbatas.

Sehingga, masyarakat harus menunggu selama puluhan tahun untuk bisa menunaikan haji ke tanah suci karena harus masuk dalam daftar tunggu haji.

Lamanya waktu tunggu haji bisa berbeda-beda untuk masing-masing provinsi di Indonesia. Sebab, pemerintah menerapkan distribusi kuota haji ke tiap-tiap wilayah secara berbeda satu sama lain.

Berikut adalah 5 provinsi dengan daftar tunggu haji terlama yang dirangkum, dikuti dari situs Ditjen Haji dan Umrah Kementerian Agama RI:

  1. Kalimantan Selatan
    Provinsi Kalimantan Selatan menempati urutan pertama wilayah yang calon jemaah hajinya menempati antrean haji terlama.
    Calon jemaah dari provinsi tersebut terlama baru bisa berangkat pada 2055. Saat ini jumlah pendaftar dari provinsi tersebut sebanyak 128.615 orang. Sementara kuota yang diberikan oleh pemerintah sebesar 3.746.
  2. Nusa Tenggara Barat
    Di posisi kedua ditempati oleh calon jemaah haji asal Nusa Tenggara Barat. Mereka paling lama baru akan berangkat pada 2054.
    Jumlah pendaftar yang terdaftar dari provinsi berjuluk seribu masjid itu sebanyak 147.114 orang. Sementara NTB hanya mendapatkan kuota 4.412.
  3. Jawa Timur
    Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh calon jemaah haji asal Jawa Timur. Mereka paling lama akan diberangkatkan pada 2051.
    Jumlah total pendaftar yang terdaftar adalah sebanyak 1.063.381 orang dengan kuota 34.516.
  4. Aceh
    Provinsi Aceh juga termasuk wilayah yang daftar tunggu haji terlama di Indonesia. Calon jemaah terlama dari wilayah Serambi Mekkah itu akan diberangkatkan pada 2050.
    Data menunjukkan bahwa Aceh mendapatkan kuota 4.298 dengan jumlah pendaftar calon jemaah haji sebesar 128.615 orang.
  5. Jambi
    Di posisi kelima, ditempati oleh calon jemaah asal provinsi Jambi. Calon jemaah terlama akan berangkat tahun 2049 di provinsi tersebut.
    Total pendaftar saat ini tercatat ada 80.255 orang. Sementara Jambi hanya mendapatkan kuota 2.858.
    Juga merangkum 5 wilayah di Indonesia dengan masa tunggu haji tercepat. Berikut daftarnya:
  6. Gorontalo
    Provinsi Gorontalo menjadi provinsi tercepat daftar tunggu haji di Indonesia. Calon jemaah haji terlama di wilayah tersebut akan berangkat pada tahun 2035.
    Pasalnya, total pendaftar jemaah haji di wilayah tersebut ada 14.347 pendaftar dengan 959 kuota.
  7. Sulawesi Utara
    Sulawesi Utara masuk dalam provinsi kedua dengan masa tunggu haji tercepat di Indonesia. Calon jemaah haji terlama di wilayah tersebut akan berangkat pada tahun 2035.
    Data mencatat pendaftar Haji di Sulawesi Utara berjumlah 10.491 pendaftar dengan 700 kuota.
  8. Sumatera Utara
    Calon jemaah haji asal Sumatera Utara paling lama akan berangkat pada tahun 2039. Tercatat, calon jemaah haji di wilayah tersebut sebanyak 152.154 pendaftar dengan kuota 8.168.
  9. Kepulauan Riau
    Selain itu, Provinsi Kepulauan Riau menjadi salah satu wilayah daftar antrean haji tercepat di Indonesia. Calon jemaah paling lama berangkat pada 2040. Saat ini terdapat 24.987 pendaftar dengan 1.268 kuota.
  10. Sumatera Selatan
    Lima besar terakhir ditempati oleh Sumatera Selatan. Saat ini Sumsel memiliki 6.890 kuota dengan 140.892 pendaftar. Alhasil, calon jemaah terlama diperkirakan akan berangkat ke Arab Saudi pada 2041.
    Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TELEPHONE